Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumapapua

Tentang Kami PDF Print E-mail

Sejarah

 

Kantor Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Regional Sulawesi Maluku dan Papua

Berdiri pertama kali tahun 1995 dengan dasar pembentukan menurut Surat Keputusan Kepala Bapedal No 136 tahun 1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Wilayah. Terdapat 3 Bapedal wilayah di Indonesia pada waktu itu, yaitu Bapedal Wilayah I berkedudukan di Pekanbaru yang wilayah kerjanya meliputi seluruh propinsi di Pulau Sumatra. Bapedal Wilayah II berkedudukan di Denpasar dengan wilayah kerja Meliputi propinsi yang berada di Pulau Bali, NTB, NTT dan (Timor Timur pada waktu itu). Bapedal Wilayah III berkedudukan di Ujung Pandang (Makassar) dengan wilayah kerja mencakup Propinsi di Pulau Sulawesi, Maluku, dan Papua. Bapedal Wilayah III pertama kali berkantor di rumah bekas gubernur Sulsel yaitu Prof. Dr. Amiruddin Jl Letjen Hertasning, No 22 Makassar. Mulai aktif melaksanakan tugas-tugas perkantoran semenjak bulan Juni 1996.

Kemudian pada tahun 2000 Bapedal Wilayah III berubah namanya menjadi Bapedal Regional III dengan cakupan wilayah kerja masih tetap sama. Perubahan ini berdasarkan pada Keputusan Kepala Bapedal No. 39 Tahun 2000 Tentang : Organisasi Dan Tata Kerja Badan Pengendalian Dampak Lingkungan.

Seiring dengan perkembangan kelembagaan lingkungan hidup maka pada pada tahun 2002 Badan Pengendalian Dampak Lingkungan di merger ke dalam Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Sehingga keberadaan Bapedal Regional di daerah juga hilang. Kelembagaan LH di daerah mengikuti bentuk kelembagaan LH yang berada di Kementerian Negara Lingkungan Hidup, yaitu di berada di bawah Deputi Bidang Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Lingkungan Hidup Kewilayahan. Bentuknya menjadi Asisten Deputi Urusan Wilayah Sulawesi Maluku dan Papua. Atau sering disingkat dengan ASDEP Urwil Sumapapua.

Tahun 2005 namanya berubah kembali menjadi Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Sulawesi Maluku dan Papua sampai sekarang. Atau sering disingkat PPLH Regional Sumapapua. Pembentukan PPLH Regional ini berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 01 tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Dalam Kepres tersebut juga dibentuk 2 kantor PPLH Regional baru yang berlokasi di Yogyakarta dan Balikpapan. PPLH Regional Jawa yang berlokasi di Yoyakarta membawahi atau mempunyai wilayah kerja seluruh Propinsi di Pulau Jawa. Sedangkan PPLH Regional Kalimantan yang berkedudukan di Balikpapan mempunyai wilayah kerja seluruh Propinsi di Pulau Kalimantan

 

Visi

Terwujudnya sistem pengelolaan lingkungan hidup di daerah berdasarkan prinsip Good Environmental Governance (tata Keperintahan yang baik di bidang Pengelolaan LIngkungan Hidup)

 

Misi

1. Mewujudkan koordinasi dan kemitraan pelaksanaaan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di daerah.

2. Membangunan mekanisme pelaksanaan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup antara regional dan   daerah.

3. Meningkatkan kapasitas pengelolaan lingkungan hidup melalui penerapan Good Environmental   Governence (Tata Keperintahan yang baik di bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup) di daerah.

 

 

Struktur Organisasi